Minggu, 02 September 2012

makalah sejarah


KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT karena atas Rahmat, Nikmat, dan Hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan tugas makalah sejarah  ini dengan lancar dan tepat pada waktunya.
Dan Tak lupa kami mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada semua pihak yang telah berjasa dan memberikan dorongan serta bantuan dalam penyusun makalah ini.Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih kepada:
1.      Kepala MAM 02 Podok Modern Muhammadiyah Paciran
2.      Dewan Guru MAM 02 Modern Muhammadiyah Paciran yang telah banyak                                              bekal ilmu kepada kami dalam memnyelesaikan makalah ini
3.      Teman-teman kelas XII IPA.
            Kami  menyadari sebagai siswa tentunya masih banyak kekurangan dari diri kami, oleh karena itu jika nantinya ada kekurangan ataupun kesalahan dari hasil makalah kelompok kami tolong berikan kritik sekaligus saran untuk membangun dan menyempurnakan makalah ini.
 Akhirnya kami berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua. Amin!.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Paciran,  2012

Penyusun



BAB I
PENDAHULUAN
A.     Dampak Reformasi Bagi Kehidupan Bangsa
1.       Kondisi politik pasca reformasi
Masa reformasi sering kali di anggap sebagai masa kembebasan dan pergeseran kepemimpinan sesuai dengan kehendak rakyat .dalam bidang politik,keadaan ini mengarah pada lahirnya eforia kebebasaan seperti yang terlihat pada hal-hal berikut ini:
a)      Dalam waktu relatif singkat terjadi proses pergantian ke pemimpinan nasional.
b)      Hasil amademen UUD 1945 atas pasal 2 menyangkut tugas dan kedudukan  MPR berakibat pada hilangnya wewenang MPR untuk memilih serta mengangkat presiden dan wakil persiden karena presiden dan wakil persiden di pilih lansung oleh rakyat melalui pemilu presiden.
c)      Kedudukan MPRtidak lagi bertugas menyusun GBHN.
d)     MPR terdiri atas anggota DPR dan DPD yang dipilih oleh rakyat melalui pemilu.
e)      Kedudukan DPR menjadi sangat besar terutama dalam mengawasi kinerja presiden dengan kewenangan memproses persetujuan DPR atas penyusunan GBHN.
f)        DPR//sering kali bertindak over acting terhadap pemerintahan dan menunjukkan komedi politik tingkat tinggi dengan sidang-sidangnya yang kontroversial.
g)      Kedudukan dan kewenangan presiden menjadi sangat terbatas.
h)      Pemilihan presiden secara lansung memiliki dampak positif dimana rakyat memiliki kesempatan memilih pemimpin nasional secara lansung sebagai bagian dari proses demokratisasi.





2.      Kondisi Sosial pasca reformasi
Kondisi sosial masyarakat yang kacau akibat lemahnya hukum dan perekonomian yang tidak segerah kunjung membaik menyebabkan sering terjadi gesekan-gesekan dalam masyarakat.selain itu konflik antaretnik juga sering terjadi yang disebabkan adanya kesengajangan sosial antara penduduk pribumi dengan warga keturunan Tionghoa di indonesia.
a)      Gerakan aceh merdeka
Gerakan ini sebenarnya telah ada sejak pemerintahan orde baru dimana pada tanggal 4 desember 1976 mereka memproklamasikan keberadaan gerakan aceh merdeka dan mengibarkan bendera aceh serta membentuk milisi militer dalam pasukan jihad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar